Thursday, July 19, 2018

6 Tips Mengatasi Atau Mengurangi Nyeri Haid Secara Alami

Mengatasi dan Mengurangi Nyeri Haid - Menstruasi atau sering juga disebut datang bulan adalah siklus alami seorang wanita, Biasanya ketika seorang wanita sedang mengalami haid, mood yang ada di dalam tubuh mengalami ketidak stabilan karena itu biasanya mudah untuk marah.

Tips Mengatasi dan Mengurangi Nyeri Haid Secara Alami

Dalam proses haid biasanya perut akan mengalami kontraksi nyeri yang sangat itu dikarenakan uterus berkontraksi untuk membantu meluruhkan lapisan dindingnya pada saat menstruasi.

Kebanyakan wanita lebih memilih mencari obat nyeri haid di apotik untuk meredakannya, padahal ada tips tradisional mengatasi nyeri haid dengan aman, sehat dan juga 100% alami.

Penyebab Nyeri Haid


Seperti yang sudah saya jelaskan diatas penyebab utama dari haid itu adalah adanya proses peluruhan pada lapisan endomentrium dalam rahim wanita. Pada proses ini otot-otot pada rahim akan berkontraksi. 

Namun pada beberapa kasus kontraksi ini terlalu kuat sehingga mengakibatkan penenkanan pada beberapa pembulu darah sehingga dapat mengurangi suplai oksigen. Dan suplai oksigen yang kurang di sekitar rahim inilah yang mengakibatkan nyeri pada saat menstruasi.

Cara Mengatasi Dan Mengurangi Nyeri Haid


Nyeri pada haid sebenernya dapat di kurangi tanpa obat-obatan kimia dan inilah beberapa cara alami mengatasi nyeri haid pada hari pertama.

#1. Olah raga


Hormon prostaglandin adalah salah satu hormon yang mempengaruhi rasa nyeri pada saat haid, dan cara paling ampuh adalah dengan beraktifitas di luar ruangan sehingga mengeluarkan keringat atau bisa juga berolah raga seperti jogging. Olah raga dengan mengeluarkan keringat ini dapat membakar atau mengurangi hormon tersebut sehingga rasa nyeri yang timbul akan berkurang.

#2. Kompres dengan air hangat


Rasa nyaman yang diberikan air hangat dapat mengurangi timbulnya rasa nyeri haid yang berlebihan. Rasa nyeri akibat otot yang berkontraksi secara berlebih dapat di kompres menggunakan air hangat sehingga otot yang bekerja secara berlebih dapat lebih rileks.

#3. Minum teh chamomile


Teh chamonile sudah terbukti dapat mengatasi masalah-masaalah yang terjadi pada siklus datang bulan. Kandungan teh ini dapat membuat tubuh menjadi lebih nyaman dan membuat emosi lebih stabil.

Seduhlah teh dengan air panas dan diamkan selama 5 menit agar kandungan yang ada di dalamnya keluar sempurna, Kamu dapat meminum teh chamomile ini 2 kali sehari untuk mengurangi rasa nyeri.

#4. Minum jahe hangat


Tidak dipungkiri jenis rempah ini banyak sekali manfaatnya untuk tubuh, Suadah dari jaman dahulu jahe dipercaya dapat mengurangi nyeri pada perut. Kalau kamu dapat meyeduhnya dengan air hangat agar tubuh lebih rileks.

#5. Makan pisang


Percaya atau tidak ternyata pisang dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman saat haid, kandungan pottasium pada pisang dipercara banyak orang dapat meredakan nyeri saat menstruasi.

Untuk mendapatkan efek yang lebih efektif kamu dapt mengkonsumsinya setiap pagi, dan itu akan membatu menjaga mood dan emosi kamu lebih stabil.

#6. Minum jamu tradisional


Jamu adalah minuman tradisional sudah sejak dari jaman dahulu minuman yang di racik dari bahan alami ini di percaya para leluhur untuk mengatasi berbagai macam penyakit, salah satunya yaitu mengurangi nyeri pada saat datang bulan.

Jika kamu kesulitan menemukan penjual jamu gendong atau jamu keliling kamu bisa meraciknya sendiri dirumah:

  • 3 rimpang kunyit (cuci bersih, kupas kulitnya, parut)
  • 1 ons asam 
  • 1 ons gula jawa (sisir halus) 
  • 2 sdm madu 
  • Garam (secukupnya)
  • 1 liter air
Caranya rebus air hingga mendidih dan masukkan semua bahan diatas kecuali madu dan aduk hingga bahan tercampur rata dan biarkan beberapa saat jika sudah angkat dan saring kedalam gelas lalu dinginkan tambahkan madu dan jamu tradisional siap minum.

Akhir kata


Jika dengan obat alami bisa membantu meredakan nyeri haid kenapa musti dengan obat kimia. terimakasi telah berkunjung dan semoga artikel ini dpat membatu anda.

Pengetahuan yang baik adalah yang memberi manfaat. Bukan yang hanya diingat.

Silakan berkomentar yang baik dan benar!
1. Dilarang berkomentar sara
2. Komentar dengan link aktif akan di anggap spam
3. Relevan dengan isi artikel
EmoticonEmoticon