Friday, November 10, 2017

Pengertian Premi Asuransi, Fungsi, Serta Komponennya

Pengertian premi asuransi, Fungsi serta komponennya - Dalam kehidupan sehari hari pasti kita sering mendengar istilah "premi" pada kegiatan asuransi, jika kita ingin ber-asuransi sebaik nya kita mengenal dahulu istilah istilah pada premi asuransi.

Pengertian Premi Asuransi, Fungsi, Serta Komponennya

Di khawatir kan jika sobat belum mengetahui istilah istilah tersebut sobat akan mengalami kesulitan ketika melakukan pembayaran asuransi. Jika premi tidak dibayarkan, maka tentu sobat tidak bisa mengajukan klaim.

Pengertian premi asuransi dan fungsinya

Defenisi atau pengertian premi asuransi adalah jumlah uang yang wajib dibayarkan oleh nasabah setiap bulan nya atas keikut sertaannya dalam asuransi. Besaran uang yang harus dibayarkan telah ditentukan oleh perusahaan asuransi dengan memperhatikan keadaan pihak nasabah.

Fungsinya adalah sebagai pengembalian finansial kepada tertanggung jika terjadi kerugian yang dihadapi pada suatu hari. Contohnya jika sobat ikut serta dalam asuransi kesehatan maka jika suatu hari sobat sakit parah dan dirawat di sebuah rumah sakit maka jika sobat melakukan klaim kepada perusahaan asuransi maka pembiayaan akan dibayarkan oleh pihak perusahaan asuransi.

Ada 2 faktor yang dapat mempengaruhi penentuan besar kecil nya tarif yang harus di bayarkan oleh tertanggung.

1. Faktor eksternal
Merupakan faktor dari luar diantaranya.

  • Kondisi perekonomian 
  • Persaingan dengan perusahaan lain
  • Dan peraturan undang undang pemerintah 
2. Faktor internal
Diantanya. 
  • Kondisi dari pertanggungan
  • Jenis barang atau fasilitas yang diasuransikan
  • Jenis alat ukur barang yang diasuransikan
  • Cara dari pengangkutan barang
  • Dan jangka waktu dari pertanggungan

Komponen premi asuransi

1. Premi dasar
Yaitu premi yang dicantumkan pada polis asuransi dan biasanya tidak berubah selama data atau luasnya jaminan tidak mengalami perubahan. Tarif dari premi berbanding lurus dengan tingginya resiko, luas resiko kemungkinan terjadinya kerusakan barang atau semakin tingginya suatu barang mengandung bahaya. 

2. Premi tambahan
Yaitu jenis premi yang ditambahkan pada premi dasar jika terjadi perubahan data dan luasnya resiko yang di jaminkan. Misalnya semula sobat hanya membayar premi asuransi jiwa. Namun karena sobat ingin produk tambahan lain selain asuransi jiwa, maka biaya premi tentunya bertambah. 

3. Reduksi premi
Adalah potongan dari besarnya premi yang diakibatkan oleh situasi tentunya. Misalkan pembayaran premi secara sekaligus untuk beberapa tahun atau pembayaran premi melalui lembaga lembaga keuangan tertentu. 

4. Tarif kompeni
Tarif kompeni yaitu besaran tarif yang ditetapkan oleh asosiasi perusahaan yang berfungsi untuk menghindari terjadinya persaingan yang tidak sehat diantara perusahaan asuransi, maka pihak asosiasi perusahaan asuransi menyusun daftar tarif asuransi. 

Nah itulah demikian ringkasan artikel dari pengertian premi asuransi. Semoga bermanfaat untuk kita agar lebih mengetahui lebih banyak tentang dunia asuransi. 

Pengetahuan yang baik adalah yang memberi manfaat. Bukan yang hanya diingat.

Silakan berkomentar yang baik dan benar!
1. Dilarang berkomentar sara
2. Komentar dengan link aktif akan di anggap spam
3. Relevan dengan isi artikel
EmoticonEmoticon